Orang Aneh

Hosting Gratis

Anda stres mencari kerja? Ini obatnya

Anda stres mencari kerja? Ini obatnya


Jika mengalami stress saat mencari kerja karena tidak sedikit yang mengaku kesusahan mengatasi masalah emosi dan mental saat pekerjaan yang biasa dilakukan terpaksa harus dilepas. Bingung mencari aktifitas dan pendapatan baru, belum lagi menanggung rasa malu karena tidak memiliki pekerjaan lagi.Tetapi kondisi itu justru semakin memicu pekerja untuk mencari pekerjaan lebih giat lagi, dibanding dengan yang masih fresh graduate, belum pernah bekerja. Mereka yang kehilangan pekerjaan itu pasti membutuhkan semangat dan antusias dalam menjalani kondisi tersebut. Karena semakin terbawa dalam suasana haru, hanya akan mematahkan semangat.

Anda stres mencari kerja? beberapa obat yang diperlukan oleh para pencari kerja ataupun yang sudah berpengalaman agar sukses mencari kerja baru:
1. Buat daftar hal-hal yang patut disyukuri. Temukan hal-hal di luar pekerjaan yang membuat kita bisa bersyukur. Badan yang sehat, pernikahan yang bahagia, anak-anak yang lucu, dan kerabat yang menyenangkan.

2. Kendalikan kebiasaan-kebiasaan buruk. Makan sembarangan, merokok, minuman alkohol, dan konsumsi zat-zat candu hanya akan memperparah stres.

3. Carilah pemimpin untuk diri anda sendiri. Anda butuh sosok pemimpin yang dapat membantu menemukan ide-ide baru, memperintahkan diri Anda untuk tidak menunda-nunda sesuatu, membantu Anda untuk fokus dengan tujuan hidup.

4. Susunlah jadwal harian. Biasakan teratur dengan waktu meskipun posisi Anda bukan sebagai pekerja, dan masih sebagai pencari kerja. Misalnya jam makan, menyiapkan kebutuhan keluarga, waktunya di depan komputer, dan sebagainya. Dimaksudkan Anda bisa tetap disiplin dengan waktu saat kembali bekerja.

5. Ciptakan lingkungan yang nyaman. Carilah teman atau kerabat yang bisa diajak rileks untuk saat-saat sulit seperti ini. Tapi ingat, mereka juga punya kepentingan hidup masing-masing. Jadi jangan bergantung pada mereka dalam segala suasana. Ajak bersenang-senang saja di saat-saat tidak mengenakkan ini.

6. Bergabung dengan group pendukung. Orang yang bergabung di dalamnya banyak mendapat info-info tempat kerja dan ide-ide baru. Membernya diminta berbagi pengalaman bagus dan kiat-kiat khusus yang bermanfaat untuk orang lain.

7. Menjadi pekerja sukarelawan. Bekerja tanpa diberi upah nampaknya sia-sia, tetapi ada keuntungan yang tidak bisa diukur dengan uang saat menjadi pekerja sukarelawan. Relasi menjadi semakin terbuka, skill tetap terasah, reputasi terbentuk.

8. Proyek Optimis. Tempat untuk membagikan kata-kata yang sifatnya positif dan membangun, yang dapat membuat pendengar merasa optimis dan bersemangat kembali. Yakinlah saat kita yang merasa down, kita akan menerima apa yang kita berikan, kata-kata yang menguatkan.

9. Ingatlah apa saja yang sudah anda raih di tempat kerja. Berhenti bekerja bukan berarti prestasi ikut terkubur. Ambil waktu untuk merenung apa saja yang sudah Anda lakukan di tempat kerja yang lama untuk menggali potensi, mengerjakan proyek, andil dalam merintis perusahaan, dan sebagainya. Dengan mengingat kesuksesan-kesuksesan itu, Anda tidak hanya menjadi semangat, tapi juga punya nilai plus sebagai modal mencari pekerjaan.

10. Berapa banyak orang yang melihat profile Anda? Rasa senang mendapati banyak orang yang melihat profile Anda itu bisa membangkitkan semangat.


Itulah beberapa obat stres mencari kerja bagi anda bisa menerapkannya dalam mengatasi stres saat Anda mencari pekerjaan yang lebih baik tentunya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution