Tips & Trick Menulis Surat Lamaran Kerja/Pekerjaan
Terdapat banyak pendapat mengenai bagaimana menulis surat lamaran
kerja yang "baik dan tepat sasaran". Di bawah ini diberikan 5
artikel/tulisan yang mewakili banyaknya pendapat tersebut (artikel
ini kami edit agar relatif mudah difahami). Semoga 5 artikel ini dapat
membantu anda.
|
Artikel ke 1.
Surat lamaran pekerjaan (kerja) dapat dibuat dengan dua cara yaitu:
- Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup
(resume, curriculum vitae). Dalam model ini riwayat hidup termasuk isi
surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut model
gabungan
- Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam model
ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut
model terpisah. Model terpisah ini lebih banyak dipakai. Walaupun dalam
pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini
lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang.
Isi surat lamaran harus singkat, padat, tidak bertele-tele,
langsung mengenai persoalannya.
Yang dikemukakan ialah semua hal yang disyaratkan oleh lowongan jabatan
yang bersangkutan.
Yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah :
1. Data pribadi pelamar yang meliputi :
- Nama Lengkap
- Tempat dan Tanggal Lahir
- Alamat
- Telepon dan/atau HP
- E-mail (bila ada, tidak wajib)
- Status Perkawinan
Khusus untuk Nomor Telepon atau Nomor HP tersebut di
atas, jangan lupa untuk menuliskannya. Karena perusahaan penerima
lamaran anda akan dapat langsung dan dengan cepat menghubungi anda.
Bila anda tidak memiliki Telp/HP, maka gunakan Telp/HP
tetangga/family/rekan anda.
Hal ini kelihatannya remeh padahal SANGAT
PENTING, terutama untuk perusahaan yang sebenarnya hanya
membutuhkan tambahan satu atau beberapa pegawai saja.
2. Pendidikan
- Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
- Pendidikan non formal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah
diikuti
3. Pengalaman bekerja
- Jika telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran,
apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila
belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan
yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.
4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah
surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau memperkuat surat
tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha atau
instansi yang menawarkan pekerjaan.
Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah :
- Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
- Foto copy Ijazah terakhir
- Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
- Pas Foto terbaru
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada,
lebih baik)
- Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila
ada, lebih baik)
Sumber : Recruitment Rizki AAP,
Arif Budiman's Weblog, Sri Wahyuningsih
|
Artikel ke 2.
Berdasarkan riset sosial tentang kemampuan membuat surat lamaran kerja,
ada beberapa kesalahan yang kadang terjadi. Sehingga sudah ribuan
lamaran kerja anda kirimkan, namun belum ada balasannya. Mungkin salah
satu tips di bawah ini adalah masalahnya.
1. JANGAN TERLALU BERTELE-TELE
Saya sangat tertarik dengan iklan yang dimuat.
Oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut.
Juga sekalian harapan saya, dengan surat lamaran ini
kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua.
Bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah
silaturahmi ....
................................
2 BAHASANYA JANGAN SOK GAUL
Dengan hormat banget , boss !!!
Halo boss, capee deeehhh !!! apa kabar nich.....?
Saya mo ngelamar kerja nich..boleh dong...
Please...boleh ya.........
.................................
3 BAHASANYA JANGAN SOK PREMAN
Gue pernah kerja di kantor bokap,
tapi gue dikeluarin, setan banget deehhh !!
Sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo,
ga usah khawatir soal jabatan deh.....
Ok deh !! gue tunggu panggilan kerja dari elo.
......................................
4 BAHASANYA JANGAN SOK AKRAB
Dengan hormat,
Hai apa kabar nih? baik-baik aja kan ?
Saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
Semoga Bapak juga baik-baik aja seperti saya disini.
Ngomong-ngomong gimana kabar anak-anak, sehat kan ?
Istri pasti makin cantik aja.....salam aja ya buat mereka.
Oya .. hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan
Bapak, bisa kan ?
................................
5 JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN
Dgn Hrmt.
Ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls.
Sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn.
Dri thn 1999 - 2004, sy tlh bkj di aptk km farma, di bag cln srv.
...............................
6. Jika tidak diminta, JANGAN MENENTUKAN GAJI
Untuk posisi manajer, saya minta gaji per bulan, 20 juta saja.
Untuk posisi pengawas lapangan, saya rasa cukup 2 juta per bulan.
Bila sebagai staf biasa .... gratis deh.
................................
Sumber : Wan Abud, flamboyan.co.id
|
Artikel ke 3.
Pada divisi bidang HRD atau rekrutmen di berbagai
perusahaan, menerima surat lamaran merupakan menu sehari-harinya. Surat
lamaran tersebut, baik yang dikirimkan melalui pos atau email, jumlah
rata-ratanya bisa 10 s/d 1000 surat per hari (tergantung besar kecilnya
perusahaan). Waktu yang terbatas dan pemenuhan kebutuhan perusahaan yang
mendesak (speedy customer service) menuntut divisi bidang
tersebut untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat dan cermat dalam
melakukan sortir dan seleksi.
Surat lamaran sepintas terlihat mudah dan tidak
terlalu penting. Namun menulis surat lamaran sebenarnya memerlukan
etika. Sebab isi surat lamaran dan kelengkapannya mencerminkan sikap dan
kepribadian anda.
Beberapa hal yang penting untuk diketahui berkaitan dengan penulisan
surat :
1. Surat yang efektif
Surat atau email tidak hanya berfungsi sebagai �duta� bagi
si pengirim, namun harus mampu menarik perhatian si penerima dengan
efektif. Jika surat ditulis secara efektif, kemungkinan untuk
mendapatkan balasan yang cukup baik akan semakin besar. Ingat, begitu
anda menerima panggilan untuk tes atau interview, berarti anda telah
meraih sukses dalam point ini.
2. Perhatikan komposisi surat
Surat lamaran yang baik tentunya memiliki isi yang
berkesinambungan. Bila anda mencantumkan posisi yang anda kehendaki,
tunjukkan jati diri anda. Jangan sampai perekrut menilai anda plin-plan
setelah membaca surat lamaran anda.
3. Batasi isi surat anda
Bayangkan bahwa penerima surat anda adalah orang yang sibuk.
Selain ia harus menyortir lamaran yang masuk, ia harus mengambil
keputusan dengan cepat siapa yang �qualified�, siapa yang tidak. Buatlah
surat lamaran yang ringkas dan padat tapi tepat sasaran.
4. Bahasa surat
Ingatlah bahwa anda bukan tengah menulis surat cinta, tetapi
surat lamaran kerja yang akan menentukan masa depan anda. Gunakanlah
bahasa yang benar, sopan dan mudah diingat. Penting untuk dicatat,
bahasa mencerminkan kepribadian anda.
5. Posisi yang sesuai untuk anda
Sebaiknya anda jangan membuang-buang waktu untuk melamar
posisi yang tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan anda.
Fokuskan waktu dan energi anda untuk posisi yang mendekati kualifikasi
anda. Dengan demikian anda telah �bekerjasama� dengan perekrut dalam
penentuan karir anda.
6. Lakukan pengulangan
Sempurnakan surat lamaran anda berdasarkan pengalaman,
misalnya mengedit beberapa bagian setelah anda diundang untuk tes atau
interview. Setiap kali anda selesai mengikuti kegiatan seperti Training
atau Seminar, anda bisa tambahkan sebagai referensi untuk mendukung
kualifikasi anda.
7. Anda punya "network" ?
Sebutkan saja. Bila anda mengenal dengan baik
pihak-pihak yang bidangnya relevan dengan posisi yang sedang anda lamar,
tidak ada ada salahnya anda jadikan sebagai referensi. Biasanya
perusahaan-perusahaan tertentu akan melakukan �cross-check� dan
tentunya referensi anda akan memiliki nilai tersendiri.
8. Evaluasi
Tiap kali anda mengirimkan surat lamaran, tidak ada salahnya
jika anda membuat salinan atau �copy�nya. Berikan catatan jika
ternyata anda dipanggil, tes apa yang diberikan dan bagaimana dengan
interviewnya. Evaluasi kelebihannya, untuk anda tingkatkan, dan pelajari
kekurangannya untuk anda perbaiki.
Sumber : Anna Saraswati
|
0 komentar:
Posting Komentar