Orang Aneh

Hosting Gratis

Quality


Quality Control & Quality Assurance

ISO 9000

Pengertian System Management Mutu ISO : 9000

ISO itu apa?

ISO adalah organisasi pengembang standar terbesar di dunia. Antara tahun 1947 sampai sekarang, ISO telah menerbitkan lebih dari 17.500 Standar Internasional, mulai dari standar untuk kegiatan seperti pertanian dan konstruksi, melalui teknik mesin, perangkat medis, serta perkembangan teknologi informasi terbaru.silahkan klik linknya bila anda tertarik membaca lebih lanjut

Pendirian Organisasi
ISO lahir dari penyatuan dua organisasi - ISA (Federasi Internasional Asosiasi Standarisasi Nasional),. didirikan di New York pada 1926, dan UNSCC (Perserikatan Bangsa-Bangsa Standar Komite Koordinasi), didirikan pada tahun 1944.
Pada Oktober 1946, delegasi dari 25 negara, bertemu di Institute of Civil Engineers di London, memutuskan untuk menciptakan sebuah organisasi internasional, di mana bertujuan "untuk memfasilitasi koordinasi internasional dan penyatuan standar industri ". Organisasi baru, ISO, secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 23 Februari 1947.

Pada April 1947, sebuah pertemuan di Paris menghasilkan daftar rekomendasi dari 67 ISO komite teknis, sekitar dua-pertiganya didasarkan pada komite ISA sebelumnya. Pada awal 1950-an, komite teknis ISO mulai menghasilkan apa yang dikenal pada saat itu sebagai "Rekomendasi".
Ide dasar pasca perang standardisasi internasional adalah untuk memperoleh Standar Internasional dari mereka yang sudah dikembangkan secara nasional, dan kemudian kembali menerapkannya secara nasional. Rekomendasi ISO karena itu hanya dimaksudkan untuk mempengaruhi standar nasional yang ada.
ISO pertama diselenggarakan Majelis Umum di Paris pada 1949. Ini diresmikan pada rapat umum diadakan di grand ampiteater di Universitas Sorbonne.


Pada tahun 1971 hasil teknis ISO mulai bekerja menerbitkan Standar Internasional ketimbang hanya sebuah Rekomendasi.

Pembentukan Standar Kode GATT
Dari 1948 sampai 1994, Perjanjian Umum mengenai Tarif dan Perdagangan (GATT) menyediakan aturan untuk sebagian besar perdagangan dunia dan memimpin periode yang melihat beberapa tingkat pertumbuhan tertinggi dalam perdagangan internasional.
Pada awal tahun, perdagangan GATT putaran berkonsentrasi pada pengurangan tarif. Kemudian, Kennedy Round di pertengahan tahun 60an membawa tentang GATT Perjanjian Anti-Dumping dan bagian pembangunan. Putaran Tokyo selama tahun 70-an adalah upaya besar pertama untuk mengatasi hambatan perdagangan yang tidak mengambil bentuk tarif, dan untuk memperbaiki sistem. Putaran Uruguay dari 1986-94, adalah yang terakhir dan paling luas dari semua. Ini menyebabkan WTO (World Trade Organization) dan serangkaian perjanjian baru.

Persetujuan Perdagangan Hambatan Teknis (yang disebut Standar Kode GATT) diperkenalkan pada tahun 1979 bertujuan untuk memastikan bahwa peraturan-peraturan, standar, pengujian dan prosedur sertifikasi tidak perlu menciptakan hambatan untuk berdagang. Perjanjian juga memuat kode praktek yang baik untuk kedua pemerintah dan non-pemerintah atau badan-badan industri untuk mempersiapkan, mengadopsi dan menerapkan standar-standar sukarela.
ISO segera menangkap pentingnya GATT Kode Standar dan aktif mempromosikan nilai Standar Internasional ISO untuk digunakan di seluruh dunia sebagai instrumen memfasilitasi penghapusan hambatan perdagangan yang tidak perlu, dan, kapan saja diperlukan, sebagai dasar sesuai peraturan teknis.
Persetujuan Perdagangan Hambatan Teknis (sekarang WTO TBT) akhirnya diamandemen pada Putaran Uruguay dan berubah menjadi komitmen multilateral diterima oleh semua anggota WTO.
Sejak 1979, ISO telah mengambil komitmen dan menerapkan semua langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa Standar Internasional ISO sepenuhnya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Persetujuan Hambatan Teknis Perdagangan WTO.


ISO 9000
ISO 9000 adalah Sistem Manajemen Mutu atau kalau bahasa susahnya adalah Quality Management System. Hahahaha jawaban basi yah ?? Selamat datang di bagian ke tiga tulisan tentang ISO 9000. Dibagian ini akan coba di bahas pengertian ISO 9000 secara umum.
Terus knapa banyak perusahaan yang menerapkan system manajemen mutu di perusahaannya?? Kalau jawabannya hanya karena tender, itu adalah bener terutama di Negara tercinta kita INDONESIA. Tapi jawaban idealisnya adalah bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 menerapkan prinsip – prinsip dasar dalam pengelolaan perusahaan yang baik.Cakupan system manajemen yang luas bukan hanya berkisar tentang mutu atau kualitas produk menjadikan system manajemen mutu ISO 9000 sangat baik di terapkan dalam berbagai jenis perusahaan atau organisasi. Organisasi?? Yah ISO 9000 juga dapat di terapkan pada pengorganisasian yang terkait dengan pelayanan pelanggan ataupun organisasi sekolah. Disisi lain penerapan ISO 9000 juga dapat di pilah – pilah sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat saja menerapkan prinsip system manajemen mutu ISO 9000 pada sebagain proses organisasi. Dengan fleksibelitas dan manfaat yang ada maka system manajemen mutu ISO 9000 ini dapat menjadi alat bagi pemilik perusahaan, jajaran direksi ataupun tingkatan manajemen lainnya menerapkan pengelolaaan organisasi sesuai dengan kaidah umum bisnis internasional. Cukup bingung?? Yuk kita telaah satu – satu ISO 9000.

Secara sederhana, proses bisnis perusahaan dapat dikenali dengan cara seperti berikut :


Gambar di atas merupakan variasi dari skema inti proses bisnis yang berlaku di mana saja yaitu input --> proses --> output. Dengan prinsip melakukan nilai tambah pada sesuatu baik barang ataupun jasa untuk menghasilkan keuntungan sebesar – besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya.

Teori ini menjadi landasan kita dalam memahami proses – proses yang ada di perusahaan dan bagaimana system ini bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution